Sabtu, 01 Mei 2010

RANGKAIAN POWER SUPPLY 5V | RANGKAIAN POWER SUPPLY DENGAN DIODA ZENER | CATU DAYA DENGAN DIODA ZENER

rangkaian power supply zener 5 voltGambar rangkaian catu daya 5V | Gambar rangkaian power supply dengan dioda zener

Bagi anda yang senang berkutat dengan rangkaian-rangkaian digital, maka rangkaian power supply di atas bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi supply bagi rangkaian digital anda. Sebenarnya anda bisa saja membuat power supply dengan tidak menggunakan dioda zener sebagai penyetabil tegangan. Tetapi dengan menggunakan dioda zener 5V setidaknya nilai tegangan yang anda dapatkan benar-benar 5 volt. Rangkaian power supply di atas hanya mendukung rangkaian-rangkaian beban yang hanya membutuhkan supply arus yang tidak begitu besar. Hal ini dikarenakan keterbatasan dispasi daya dari dioda zener dan transistor yang digunakan.


Dioda zener memilki karakteristik yang hampir sama dengan dioda biasa pada umumnya. Bila dioda zener diberi bias maju maka akan berfungsi seperti kawat seperti halnya juga pada dioda biasa. Tetapi jika pada dioda biasa tidak bisa menahan tegangan pada nilai tertentu pada saat diberi bias balik maka pada dioda zener hal itu bisa dilakukan. Nilai tegangan yang bisa distabilkan bervariasi sesuai dengan spesifikasi dari dioda zener itu sendiri. Pada kesempatan ini saya tidak akan menjelaskan prinsip kerja dari rangkaian power supply karena anda bisa membacanya pada postingan saya yang lain yang menjelaskan tentang cara kerja dari power supply ataupun rangkaian penyearah.

Komponen yang digunakan pada rangkaian power supply dengan dioda zener tersebut di atas adalah sebagai berikut :

  1. Trafo Step Down
  2. Dioda Bridge (Kumprok) | bisa juga menggunakan 4 buah dioda biasa
  3. Kapasitor 1000 uF | Semakin besar nilai semakin bagus
  4. Resistor 4,7 Kohm
  5. Transistor 3904 | bisa juga transistor yang lain sesuai kebutuhan
  6. Dioda Zener 5 Volt

Bila anda ingin mendapatkan tegangan supply yang lebih besar dari 5 volt maka anda tinggal mengganti dioda zener tersebut sesuai kebutuhan dan menggunakan tegangan ac keluarran trafo yang sedikit lebih besar. Misalnya untuk menggunakan dioda zener 9 volt anda bisa menggunakan tegangan ac 12 volt. Lihat juga prinsip kerja penyearah, rangkaian power supply sederhana dan power supply dengan trafo CT.


Tambah Gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar